8 trik dan tips tidur berkualitas

8 trik dan tips tidur berkualitas

Berikut ini kami jelaskan delapan trik dan tips tidur berkualitas  untuk membantu anda mendapatkan kualitas hidup dan kualitas tidur terbaik:

Pertama, Tetapkan waktu yang sama untuk tidur dan bangun

Selalu meskipun di akhir pekan. Hal ini membantu untuk membiasakan aktivitas jam biologis tubuh anda dan dapat membantu anda untuk dapat tidur setiap malam.

121202010 300x193 8 trik dan tips tidur berkualitas

tips tidur berkualitas untuk hidup berkualitas

Kedua untuk tips tidur berkualitas adalah, latihan membiasakan tidur dalam kondisi santai

Relaksasi adalah aktivitas yang baik sebelum tidur dengan cara mematikan lampu. Hal tersebut akan membantu tidur anda lebih baik karena perasaan stress dan cemas umumnya dapat membuat tidur lebih sulit. Gunakan suara untuk merelaksasi dan dapatkan tidur yang lebih dalam. Dan selanjutnya, anda bisa tertidur dengan nyenyak.

Ketiga, hindari tidur di sore hari

Tidur singkat di sore hari bisa membantu anda menghabiskan sebagian hari, tetapi tidur singkat tersebut bisa menyebabkan tidur yang tidak lelap di malam hari.

Keempat dari tips tidur berkualitas, Latihan setiap hari.

Latihan di tips-tips diatas dengan bersungguh-sungguh adalah hal yang utama, contohnya latihan mematikan lampu.

Kelima, perhatikan ruangan kamar tidur anda

Mendesain kamar tidur anda akan membantu kondisi tubuh untuk mendapatkan kebutuhan tidur yang baik. Ruangan kamar tidur anda sebaiknya, tetap dalam suhu ruangan yang tidak panas, atau tetap dalam kondisi dingin. Ruangan kamar tidur anda juga harus terbebas dari gangguan suara- suara yang mengganggu tidur. Yang terakhir, ruangan anda harus terhindar dari gangguan cahaya yang terlalu terang. Anda perlu mengecek ruangan anda dari suara-suara bising atau dari gangguan-gangguan lainnya. Di dalam nya termasuk gangguan dari partner tidur anda seperti suara bising karena dengkuran. Sadari dengan menggunakan gorden untuk meredupkan cahaya terang di luar ruangan kamar anda atau, spon peredam suara yang bisa anda taruh di telinga untuk mengurangi suara bising.

Keenam, tidur di kasur busa dan bantal yang nyaman

Pastikan tempat tidur anda nyaman dan mendukung anda untuk tidur nyenyak. Satu hal yang harus anda perlukan untuk dipergunakan kasur dan bantal yang dapat nyaman dan tahan diatas sepuluh tahun pemakaian. Memiliki bantal dan kasur busa yang nyaman sehingga mengundang tidur yang berkualitas, tidak juga dari ruangan dan pencahayaan yang mendukung tidur lebih baik. Pastikan kasur tidur anda tidak menyebabkan alergi pada anda dan sesuatu yang menyebabkan anda terjatuh saat tidur sepanjang malam.

Ketujuh, gunakan pencahayaan yang redup

Ruangan yang terhindar dari pencahayaan di sore hari namun tetap bisa masuk di pencahayaan di pagi hari.

Ke delapan, hindari minum alkohol, rokok, dan makanan berat di sore hari

Dengan meminum alkohol, merokok dan mengkonsumsi kafein dapat mengganggu tidur lebih baik. Sedangkan makan besar atau makanan yang berbumbu berat atau kental dapat menyebabkan ketidak nyamanan dari gangguan percernaan sehingga tidur pun terganggu. Jadi lebih baik menyelesaikan makan minimal 2 sampai tiga jam sebelum tidur.

Demikian 8 trik dan tips tidur berkualitas untuk mendapatkan tidur dengan kualitas yang lebih baik.

Posted in Dunia Psikologi | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *