Kualitas Selera Humor Kita

Kualitas Selera Humor Kita

kualitas selera humor kita

humor kita Kualitas Selera Humor Kita

Humor itu menyenangkan, karena dapat merilekskan segala ketegangan dalam diri kita. Humor juga mengasyikkan, karena dapat merubah emosi kita menjadi senang. Humor menentramkan, karena dapat menghalau kemarahan kita. Namun, humor juga dapat menjadi menghawatirkan jika di dalamnya sudah dibumbui dengan nuansa agresi.

Saya yakin bahwa anda dan saya: kita semua ini, memiliki selera humor yang tinggi. Saya percaya kita semua memiliki kemampuan untuk bisa membuat segala sesuatunya tampak menyenangkan. Karena itulah kelebihan kita atas hewan. Kita dianugerahi kemampuan humor. Sehingga jika humor adalah karakteristik dasar manusia sebagaimana sifat-sifat yang lain, ia bisa menjadi baik atau buruk, tergantung dari bagaimana kita mengaturnya.

Dalam acara televisi, banyak kita lihat program-program humor yang menampilkan orang-orang berbakat secara fisik untuk kita tertawakan. Sedikit mrongos, hidung pesek, kulit hitam, kumis mirip ikan lele. Menyenangkan memang melihat orang yang secara fisik lebih buruk daripada kita. Apalagi jika sudah buruk rupa, kita pasangi dengan ledekan-ledekan pula kemudian kita lihat apa reaksinya. Maka akan bertambah tingkat kelucuannya.

Penghinaan atas fisik manusia sebagai sarana melucu, telah kita nikmati sejak lama. Sehingga, orang yang fisiknya masih layak pun itu harus direkayasa sedemikian rupa agar mewakili orang jelek. Kepala dipelontos, kumis dikerok tinggal tersisa di bagian tengahnya saja, dan diberi tompel.

Tidak perlu banyak alasan untuk bergembira, termasuk menanyakan apakah kegembiraan kita ini menghina mahluk ciptaan Tuhan atau tidak. Karena tentu kita sepakat, bahwa penghinaan atas kebijakan Tuhan dalam penciptaanNya, juga tentu penghinaan atas diriNya. Penghinaan atas Tuhan bukan lah tanda kecintaan kepada Tuhan.

Kedua, ini menyangkut agresi kita dalam berhumor. Nah, jika sampai disini, maka peran lawakan itu akan menjadi begitu menghawatirkan. Karena disana-sini akan berisi ledekan untuk mengintimidasi seseorang. Menyindir, mencibir, dan menghina. Tapi itu adalah sesuatu yang tetap menyenangkan, karena betapa enaknya melihat orang yang bisa kita kalahkan dengan telak.

Selanjutnya, ada jenis humor yang sering nongol di televisi. Dalam sebuah live show, segalanya dipersiapkan: properti palsu, pemeran palsu, dan rekayasa untuk membuat orang terkejut. Sering kita lihat, ada seorang pewawancara yang menyorongkan mike ke calon korban, kemudian tanpa disadari keluarlah air muncrat di muka mike tersebut (*). Ada orang yang memakai topeng hantu, kemudian bersembunyi di balik semak, setelah korban dirasa dekat maka orang ini akan mengagetkannya. Ekspresi keterkejutan inilah yang sengaja dicari untuk kita tertawa. Karena, ada orang yang begitu ekspresif dalam tertawa sehingga lari tunggang langgang, berkeringat dingin, dan malah marah-marah. Tapi, disinilah letak kelucuannya.

Lantas patut dipertanyakan apakah kita ini termasuk orang baik: jika diatas penderitaan orang lain, kita malah bergembira.

Sebuah refleksi oleh firdaus.
(*) diinspirasi oleh cerita kang Pri

 

 

artikel terkait: humor, selera humor, etika humor, humor islami, renungan humor, humor bijak, tentang humor, dibalik humor, kualitas humor, humor yang baik, tingkat humor kita

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk-produkĀ  silahkan hubungi kami di

cs2 Hp./WA 089 734 75 777 , sms ke 085 741 826 244 Atau pin bb 298cf7d2

Jl Mambak-Pakis Adhi km. 1,5 (arah bumi perkemahan Pakis Adhi Jepara) rt 5 rw 4 desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara

ruko terraz no.18 komplek ruko galuh mas, teluk jambe timur, karawang barat.

Silahkan klik link kami lainnya, di http://www.indobusa.com, http://www.kasurlipat.com, http://www.tokobusa.com

Posted in artikel | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *