Sehat Rasa

suryamentaram tentang sehat rasa 206x300 Sehat RasaSehat Rasa

Sehat Rasa

Ki Ageng Suryomentaram menjelaskan manusia yang sehat adalah manusia tanpa ciri. Apa itu manusia tanpa ciri? Apabila manusia sudah bisa merasakan damai, rasa sama, rasa bebas, rasa tenang, rasa tentram. Tidak ada rasa sesal, khawatir, dan iri(*).

Orang yang didorong oleh keinginan-keinginan akan menyebabkan dirinya merasa hidup tidak sejahtera. Sedangkan orang yang sulit mengontrol keinginan-keinginan memiliki mawas diri yang rendah (*).

mawas diri

Mawas diri menurut Suryomentaram ditandai dengan prinsip sabutuhe, saperlune, sacukupe, samestine, sakepenake, dan sabenere (sebutuhnya, seperlunya, secukupnya, semestinya, seenaknya, dan sebenarnya) (*). Ada dua nilai yang terkandung di dalam mawas diri, yaitu kesederhanaan dan kebenaran.

————————

Hidup harus dibedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang mendesak yang harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup, sedangkan keinginan bukanlah sesuatu yang mutlah yang harus dipenuhi. Misalnya, untuk makan adalah kebutuhan manusia, namun bahwa makanan harus enak dan banyak bukanlah kebutuhan lagi, tetapi lebih kepada keinginan untuk memenuhi selera.

Jadi sebenarnya manusia lebih banyak dijajah oleh keinginan daripada kebutuhan. Itulah yang sebenarnya membuat penderitaan. Karena selalu ada tuntutan untuk meminta lebih dan lebih, selalu ada perasaan kurang dan kurang lagi. Sehingga tidak ada tempat untuk banyak bersyukur, kemudian sibuk berharap apa yang belum didapatkan.

Karena rasa nikmat itu sebenarnya bisa diperoleh cuma dari memejamkan mata, merasakan aliran nafas dan darah yang mengalir, kemudian mengucapkan terima kasih atas segala kelebihan telah diberikan kehidupan oleh Tuhan.

Saya disini tidak mengharapkan Anda menjadi orang yang biasa-biasa saja. Jadilah yang terhebat, yang terkuat, dan yang tertangguh. Tidak salah menjadi pribadi lebih daripada yang lain. Tetapi, kehebatan itu tidak mengurangi kualitas Anda sebagai pribadi yang sederhana dan menerima hidup dengan segala rasa syukur.

Lawan dari manusia yang sehat itu disebut sebagai manusia yang berkepribadian Kramadangsa. Manusia Kramadangsa selalu melihat diri sendiri sebagai patokan untuk memandang berbagai hal. Dalam mengamati orang lain, selalu membuat dirinya sebagai standarnya. Misalnya ada orang miskin dan kaya, patokan itu adalah dari seberapa kondisi orang itu sebagai yang normal. Jika dia diatas ekonominya, maka dia menganggapnya kaya, begitu sebaliknya. Maka, dihadapan orang ini, akan muncul kelas-kelas pribadi, misalnya, si tampan, si jelek, si pandai, si bodoh, si alim, dan sebagainya. Darinya bisa memunculkan segala prasangka atau penilaian-penilaian buruk. Suka menduga-duga. Dan setiap kebiasaan menduga-duga, tentu banyak lah yang tidak benar.

Pendek kata, manusia kramadangsa adalah tipe manusia egosentris, cuma berpikir berfokus kepada dirinya saja dan jarang mementingkan orang lain. Maka tidak jarang orang ini merasa lingkungan, orang-orang di sekitarnya membencinya. Ada orang lewat dan tidak menyapanya, terus berpikir, oh, orang ini kok sombong banget sih.

Jika kita belajar untuk hidup secara bersahaja, apa adanya dan selalu mensyukuri hidup, sebenarnya kita telah berusaha untuk menjadi manusia yang sehat. Namun jika kita diam-diam selalu mementingkan diri sendiri sebagai patokan hidup, maka sebenarnya kita masih berkepribadian yang kurang sehat.

________________

(*)Prihartanti, N. 2004. Kepribadian Sehat Menurut Konsep Suryomentaram. Muhammadiyyah University Press UMS: Surakarta.

 

artikel terkait: sehat rasa, mawas diri, damai, rasa tenang, rasa tentram, kramadangsa, manusia yang sehat, manusia sehat,

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk-produkĀ  silahkan hubungi kami di

cs2 Hp./WA 089 734 75 777 , sms ke 085 741 826 244 Atau pin bb 298cf7d2

Jl Mambak-Pakis Adhi km. 1,5 (arah bumi perkemahan Pakis Adhi Jepara) rt 5 rw 4 desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara

ruko terraz no.18 komplek ruko galuh mas, teluk jambe timur, karawang barat.

Silahkan klik link kami lainnya, di http: www.sofabedinoac.com http://www.kasurlipat.com, http://www.tokobusa.com

 

Posted in artikel | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *