Cerita Kak Seto Tentang Pentingnya Kreativitas

Cerita Kak Seto Tentang Pentingnya Kreativitas

Cerita Kak Seto Tentang Pentingnya Kreativitas

seto mulyadi 284x300 Cerita Kak Seto Tentang Pentingnya Kreativitas

pentingnya kreativitas bagi kak seto mulyadi

 

“Dibandingkan dengan saudara kembar saya, saya merasa paling rendah dalam berbagai hal. Hal ini saya rasakan melalui berbagai komentar yang saya dengarkan sendiri, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan di luar keluarga.”

“Dalam hal wajah misalnya, dia tampak lebih keren. Badannya juga lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan saya. Dalam hal intelegensi, jelas dia lebih cerdas dan pintar di sekolah, karena peringkatnya memang selalu lebih unggul dibandingkan dengan diri saya.”

Lalu apa lagi? Oh, ya, dalam hal perilaku, dia juga sering dipuji sebagai lebih santun dan baik, sedangkan saya sering dikatakan sebagai lebih bandel, keras kepala, dan suka memberontak.”
“Pokoknya saya selalu berada di posisi yang lebih buruk atau rendah dibandingkan dengan dia. Nah, lalu apa yang dapat saya banggakan?”

“Pertanyaan ini yang seolah terus mengganggu di benak saya sampai menjelang usia remaja. Bila saya harus tampil bersama, saya terkesan kurang pede atau percaya diri. Karena orang akan segera cenderung membanding-bandingkan antara saya dengan dirinya. Lalu akibatnya saya berusaha menghindar untuk tampil berdua atau mencoba memisahkan diri dengan dia.”

“Dari Guildford misalnya, saya mulai memahami adanya kemampuan berpikir divergent sebagai salah satu ciri berpikir kreatif. Diam-diam saya mulai membandingkan dengan diri saya sendiri dan menyadari betapa cirri berpikir seperti itu ada pula dalam diri saya. Bahkan mungkin itulah antara lain yang membedakan antara saya dan saudara kembar saya. Dia tampil lebih unggul di bangku sekolah dulu, karena memang kemampuan berpikir convergent-nya, yaitu kemampuan untuk memberikan satu-satunya jawaban yang tepat sebagaimana diajarkan oleh guru, jauh lebih kuat dibandingkan dengan saya.”

“Namun dalam hal yang berhubungan dengan kemampuan berpikir divergent, yaitu kemampuan memberikan serangkaian alternative jawaban yang beraneka ragam, mungkin saya lebih unggul. Hal ini saya jumpai misalnya untuk aktivitas membuat hasil karya, menulis puisi, menggubah lagu, atau menemukan ide-ide yang beraneka ragam serta unik.”

“Pengalaman lain adalah ketika sekitar tahun 1990-an seorang staf dari Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) datang kepada saya untuk menanyakan ide-ide mengenai acara anak-anak yang cukup edukatif bagi tayangan televisi baru itu. Saya lalu mengajukan beberapa gagasan, antara lain adalah cerita boneka si Komo untuk anak usia prasekolah. Tanpa diduga, beberapa hari kemudian staf itu datang lagi dan langsung meminta kepada saya untuk secepatnya dibuatkan tayangan mengenai cerita boneka itu.”
“Waduh, bukan main terkejutnya saya.”

“Bagaimana mungkin dalam waktu yang sangat singkat saya harus mempersiapkan semua itu, dari mulai menyusun naskah synopsis, scenario sampai kepada pembuatan bonekanya. Sementara seumur-umur belum pernah sekalipun saya belajar dan mencoba membuat sebuah naskah scenario semacam itu. Alamak.”

“Kreativitas telah berhasil mengubah jalan hidup saya.”

“Dari seorang yang kurang PD, penakut, ragu-ragu, seta tidak berani menghadapi tantangan, menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Dari seorang yang sering cemberut, menjadi pribadi yang sering tersenyum optimis. Dari seorang yang penuh dengan kekurangan, menjadi pribadi yang merasa sangat bersyukur kepada Tuhan karena dikaruniai berbagai hal yang sungguh membahagiakan.”

——————————–
Pustaka:
Munandar, U (ed.), 2001. Kisah Seto Mulyadi, “Kreativitas dan Pengalaman Hidup Saya.” mengembangkan kreativitas: Pengalaman hidup 10 tokoh kreativitas Indonesia,
Nashori, F dan Mukharam R.D.,2002. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islami. Menara Kudus: Jogjakarta.

 

artikel terkait: kreativitas, kreatifitas, pentingnya kreativitas, kak seto, cerita kak seto, seto mulyadi, berpikir divergent, berpikir convergent, berpikir,

 

Posted in artikel | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *