6 cara mengetahui tidur terganggu

6 cara mengetahui tidur terganggu

Ketidak nyamanan fisik, perasaan stress, dan emosional yang tidak stabil dapat membuat anda mengigau di malam hari. Tidak ada yang lebih membuat frustasi daripada tidak dapat tidur nyenyak. Segala hal yang terlewat dalam aktivitas  keseharian kita akan berdampak terhadap kualitas tidur kita. Jadi apa yang bisa kita lakukan?

Pertama, kita tidur dengan cara seperti apa?

Tempat tidur yang nyaman dan mendukung, serta bantal yang nyaman merupakan faktor untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Kasur busa yang terlalu lama, terlalu kaku… terlalu lembek atau terlalu keras akan membuat rasa sakit di badan dan menyebabkan mengetahui tidur terganggu anda. Jadi, sebaiknya gunakanlah kasur busa untuk tidur dengan kualitas lebih baik. Usahaklah untuk menahan diri dari menggunakan kasur untuk menonton televisi, menghitung dan membayar tagihan, atau bekerja atau membaca di tempat tidur, sehingga ketika anda pergi tidur, badan tahu kalau itu memang waktunya untuk tidur. Kecuali itu untuk seks. Seks adalah pengecualian di tempat tidur.

mengetahui tidur terganggu 256x300 6 cara mengetahui tidur terganggu

mengetahui tidur terganggu

Kedua, mengetahui tidur terganggu dari bagaimana anda tidur.

Tidurlah ketika anda sudah mengantuk sehingga anda dapat mengurangi waktu terjaga diatas tempat tidur. Jika anda tidak dapat tidur selama dua puluh menit, bangunlah… dan gunakan aktivitas apapun yang membosankan sampai anda mengantuk. Membaca kartu garansi kulkas atau vakum cleaner atau membaca apapun adalah salah satu trik. Dan sedikit nasehat bagi yang suka tidur singkat di sore atau siang hari, untuk memastikan anda telah lelah saat waktu tidur. Hindari tidur singkat dan kalau memang sudah sangat mengantuk batasi tidur siang cukup maksimal satu jam, dan sebelum jam tiga sore.

Ketiga, untuk mengetahui tidur terganggu dari ritual apa sebelum tidur malam anda?

Bangun dan pergi tidur di waktu sama setiap hari meskipun di akhir pekan…. Ketika anda memiliki siklus tidur yang sama anda akan merasa lebih baik. Hal ini penting untuk memberikan tubuh anda isyarat bahwa ini memang waktu untuk istirahat atau tidur. Dengarkan musik-musik yang membantu untuk santai dan rileks. Baca sesuatu yang ringan selama kira-kira lima belas menit. Nikmati segelas minuman bebas kafein seperti teh, lakukan latihan relaksasi atau mandi air hangat akan menaikkan temperatur suhu tubuh. Hal tersebut akan membantu anda untuk santai dan sehingga mudah untuk mengantuk.

Keempat, apakah anda memiliki lingkungan yang mendukung untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik?

Ruangan tidur yang panas bisa sangat tidak nyaman untuk tidur. Ruangan yang dingin selama cukup untuk selimut untuk menjaga hangat tubuh itu sangat direkomendasikan. Jika cahaya di awal pagi mengganggu anda, tutupi ruangan anda dengan gorden atau sekat yang bisa menutupinya, atau gunakan slumber atau penutup mata sehingga ketika bangun di pagi hari, anda tidak terganggu oleh cahaya terlalu terang. Atau menggunakan penutup telinga ketika tidur untuk menghindari suara bising.

Kelima, apakah ada hal-hal untuk mengetahui tidur terganggu anda?

Jika perut anda terlalu kosong, itu dapat mengganggu tidur. Namun, jika anda makan makanan berat sebelum tidur, itupun juga dapat mengganggu tidur anda.  Meminum segelas susu hangat sangat direkomendasikan untuk membantu anda mendapatkan tidur berkualitas. Jauhi nikotin, kafein dan alkohol paling tidak empat sampai enam jam sebelum tidur. Kafein dan nikotin adalah stimulan yang akan mengganggu kemampuan untuk tidur. Kopi, teh, coklat, moka, dan beberapa minuman dengan atau tanpa resep dokter yang mengandung kafein. Rokok dan beberapa obat yang mengandung nikotin juga sebaiknya dihindari. Alkohol mungkin dapat membantu anda untuk tidur di permukaan karena dapat melemahkan dan melambatkan aktivitas otak, tetapi pada akhirnya akan membuat anda terbangun di tengah malam.

Keenam, latihan apa yang dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas?
hindari berolahraga paling tidak minimal empat jam sebelum tidur. Latihan rutin direkomendasikan untuk membantu tidur yang lebih baik, tetapi waktu nya harus sangat diperhatikan . latihan atau ber olahraga di pagi hari atau di awal sore hari tidak akan mengganggu tidur.

Kami hanya memberikan informasi umum untuk mengetahui tidur terganggu, bukan membahas nasehat secara medis. Anda perlu membahas hal-hal lebih detail terhadap masalah rumit terhadap gangguan tidur yang anda alami kepada dokter atau penasehat kesehatan lainnya. Demikian artikel sederhana untuk mengetahui tidur terganggu anda, semoga bermanfaat.

Posted in Dunia Psikologi | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *