Makna Penderitaan

Makna Penderitaan

Bermaknakah penderitaan sebagaimana hidup untuk dimaknai? Jawabannya memang tidak sederhana. Namun jika kita melihat sebuah ujung dari rasa adalah pencapaian. Misalnya, kegembiraan yang meluap karena telah menyelesaikan pekerjaan atau pujian. Penderitaan bisa dinilai sebagai sebuah prestasi. Kenapa? Bukankan penderitaan itu adalah sebuah pengalaman negatif yang di dalamnya manusia berhadapan dengan ketidakberdayaan, rasa sakit, ketersewenangan, dan karena itu manusia tiba-tiba menjadi kabur akan orientasi, tujuan bahkan harapan hidupnya.

Dampak penderitaan

Makna Penderitaan dapat merampas semangat hidup, tetapi semangat hidup yang menurun akan berdampak semakin histeria ketika tiba-tiba naik dalam grafik tinggi. Semakin rendah dan menurunnya semangat hidup akan berdampak semakin tingginya histeria ketika semangat hidup itu naik memuncak. Laiknya sebuah kurva. Karena akar dari penderitaan dan kesenangan adalah pantikan-pantikan saling terhubung.

Sisi Positif pengalaman penderitaan

Coba kita giring ke arah positif terhadap Makna Penderitaan: pengalaman penderitaan dari pantikan-pantikan keterhubungan  antara penderitaan dan kesenangan. Konsep derita akan terhubung dengan kenyamanan dan ketidaknyaman, pengalaman masa lalu, bayangan akan masa depan, penilaian masa sekarang, penilaian segala sesuatu: atau ujung-ujungnya dari penilaian sudut pandang.

makna penderitaan 300x225 Makna Penderitaan

makna penderitaan, penderitaan bisa dianalogikan sebagai pencapaian pendaki gunung.

[makna penderitaan, penderitaan bisa dianalogikan sebagai pencapaian pendaki gunung. Perjalanan menyakitkan dan melelahkan ke atas yang sengaja di cari. Namun di titip perjalanan atas, ada sisi pengalaman kepuasan tercapai]

Sudut pandang

Jika dihubungkan dengan penilaian sudut pandang, penderitaan adalah pemaknaan itu sendiri. Jika makna penderitaan itu di ranah kesadaran. Maka seseorang akan dengan mudah menggeser penderitaan menjadi kesenangan atau kesenangan menjadi penderitaan dalam sekilas.

Penderitaan yang dibiasakan

Jika penderitaan itu diwilayah kebiasaan. Maka kebiasaan itu akan memunculkan kenyamanan, dan kenyamanan akan menghadirkan kenikmatan. Atau berbanding terbalik, kebiasaan bisa memunculkan kebosanan, dan kebosanan akan memunculkan keputusasaan dan menghilangnya harapan hidup. Seseorang yang menyusutnya harapan hidup mulai mencoba mati sebelum nafas berhenti.

Negativitas penderitaan

Apa yang dimunculkan dari negativitas penderitaan adalah menjadikan pribadi manusia-manusia tanpa kedirian yang acuh tak acuh sekaligus agresif di lingkungan sosial mereka. Perasaan yang merasuk dari negativistik penderitaan adalah raibnya kebebasan dan perendahan martabat manusia. Sedangkan dari positivisme penderitaan adalah pengenalan kesanangan.

Pemaknaan Penderitaan

Kesimpulan akhir dari makna penderitaan adalah penderitaan itu sendiri sebagai sebuah makna yang bisa kita geser dengan kemampuan sudut pandang menjadi kesenangan, kesenangan berlebih, penderitaan berlebih atau sesuatu yang sama sekali bisa diabaikan. Sedangkan kunci dari sudut pandang itu berawal dari kesadaran yang digiring menjadi kebiasaan.

demikian artikel tentang makna penderitaan dari kami, semoga bermanfaat.

Posted in Dunia Psikologi | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *