Kepemimpinan Umat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah pribadi yang sempurna dan menjadi pemimpin umat yang terbaik. Seperti firman Allah SWT dalam Q.S.  Al Qalam : 4 yaitu “ Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti luhur”. Sehingga ayat ini dapat menjadi dasar untuk menjadikan Nabi Muhammad sebagai sosok pemimpin umat yang ideal.

pemimpin umat nabi muhammad 300x197 Kepemimpinan Umat Nabi Muhammad SAW

pemimpinan umat nabi muhammad

 

Definisi Pemimpinan Umat

Pemimpin mengemban suatu amanat tertentu

Dalam pengertian ini, seorang pemimpin haruslah menduduki jabatan tertentu. Kepemimpinan merupakan suatu konsep yang berlaku bagi hubungan antara seseorang dengan lingkungannya. Definisi ini digunakan untuk menggambarkan situasi dimana seseorang mendapatkan kedudukan yang istimewa dalam lingkungannya, sehingga kehendak, perasaan, dan pandangannya dapat mengarahkan dan mengendalikan orang lain dalam mencapai tujuan bersama.

Menjadi pemimpin umat adalah suatu amanat, seperti pada firman Allah dalam Q.S. Al Fath : 29 yaitu “Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mareka…”.

 Pemimpin sebagai suri tauladan kelompok

Menjadi pemimpin haruslah memiliki beberapa sifat mendasar dan harus dapat menjadi contoh yang baik bagi anggota kelompoknya. Rasul Muhammad SAW ideal untuk dijadikan contoh, karena adanya konsep insan kamil di dalam diri beliau, yang pada akhirnya menjadi uswatun khasanah bagi seluruh umat. Yaitu pada Q.S. Al Ahzab : 21 yaitu “Sungguh telah ada pada diri rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangan hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah”

 Pemimpin harus mampu mempengaruhi anggotanya

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh rasulullah , maka dapat menjadikan beliau sangat berpengaruh kepada kelompoknya. Sesuai dengan firman Allah Q.S. Ali ‘Imran : 31 yaitu “Katakanlah (Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah maha pengampun, Maha Penyayang”.

 

Sifat-Sifat Pemimpinan Umat

Rasul adalah manusia yang sempurna dan dipilih oleh Allah SWT. Seperti dalam Q.S. Ibrahim : 11 yaitu “Rasul-rasul mereka berkata kepada mereka, ‘Kami hanyalah manusia seperti kamu, tetapi Allah memberi karunia kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya…”. Dari ayat di atas dapat diambil suatu wacana bahwa pada setiap diri rasul itu dikaruniai oleh Allah serangkaian sifat utama, yang dapat menjadikan mereka sebagai pemimpin umat, antara lain :

  • Terpelihara dari kesalahan,  dalam Al Qur’an 5:67, 80:1, dan 66:1.
  • Benar, dalam Al Quran 39:33 dan 58:3-4
  • Cerdas, dalam Al Qur’an 48:27
  • Amanah, dalam Al Qur’an 4:58 dan 69:44 – 46
  • Menyampaikan, dalam Al Qur’an 5:67, 81:24, dan 80:1-2
  • Komitmen, dalam Al Qur’an 17:73 dan 68:6

Akhlak rasul adalah akhlak yang agung yaitu Al Qur’an. Sesuai dengan Al Qur’an 68:4.

 

Silahkan kunjungi link kami lainnya di sini; http://www.indobusa.com, http://www.kasurlipat.com; http://www.tokobusa.com

Lihat artikel kami lainnya di http://www.sofabedinoac.com/category/artikel/

Kedudukan Pemimpin Umat

Rasul adalah hamba Allah yang mendapat karunia dari-Nya, sesuai dengan Al Qur’an 18:110 dan 17: 1 Oleh karena itu, Rasul memiliki kedudukan sebagai :

  • Manusia biasa, dalam Al Qur’an 25:7; 13:38
  • penyampai risalah, dalam Al Qur’an 72 :28, 33: 3, 39, 5:67

–       Memperkenalkan Al Khalik, dalam Al Qur’an 7:175

–       Menjelaskan tata cara beribadah

–       Menjelskan pedoman hidup

–       Mendidik umat dengan arahan dan nasehat

  • pelaksana amanah, dalam Al Qur’an 72:28 dan 5:67
  • pemimpin umat, dalam Al Qur’an 4:41 dan 17:71
  • penegak agama Allah, dalam Al Qur’an 42:13-15

 

Posted in artikel | Tagged , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *