Fenomena batu akik

Fenomena batu akik

Fenomena yang telah menjalar dimanapun bahkan sampai ke pelosok desa. Orang-orang mulai suka memakai batu akik, pertanyaan nya adalah mengapa gejala tersebut mulai meledak ramai seperti itu? Kalau anda ke daerah jati negara, jakarta. Ada mall khusus yang menjajakan akik, sampai ke area parkir, sepanjang jalan di sulap khusus untuk penjual akik. Betapa sudah mewabah kesukaan di bidang batu tersebut. Di jatinegara mulai muncul daerah pusat grosir di samping mall germ atau jakarta akik center. Kendaraan untuk lewat saja sampai susah. Ditengah kemacetan jalan, ada para bapak menjual poster dan buku tentang akik. Sungguh keadaan yang sangat mengcengangkan dan tidak dapat diprediksikan setahun yang lalu di daerah tersebut.

IMG 20150414 WA002 300x225 Fenomena batu akik

fenomena batu akik yang sudah terlalu mainstream

IMG 20150414 WA003 300x225 Fenomena batu akik

fenomena batu akik mulai mewabah

para penggemar batu akik

Kini penggemar batu akik tidak hanya diminati oleh para bapak. Anak kecil yang masih berseragam sekolah pun juga meminatinya. Mereka para anak-anak sering memakai batu akik menghiasi jari-jari kecilnya. Ibu-ibu juga mulai minat menggunakan batu akik untuk mengisi hiasan emas pengganti mutiara, untuk perhiasan kalung dan gelang.

harga batu akik

Apa kelebihan dari batu akik? Karena penempatan batu akik adalah di nilai seni. Maka penilaian batu akik adalah sangat subjektif sekali dan tidak ada standar baku. Penjelasan indah dan tidak indah pun menjadi sangat pribadi. Itu yang menjadikan harga batu akik tidak bisa dipatok dengan harga tertentu. Begitu orang sudah suka, harga berapapun akan diberikan. Itulah mengapa ada batu akik yang harga nya menjangkau milyaran rupiah untuk ukuran yang kecil. Ini karena pembeli sudah kepincut menyenanginya. Sedangkan batu akik yang tidak banyak disukai akan laku hanya beberapa puluh ribu saja.

alasan memakai batu akik

Bagaimana dengan para bapak yang memakai batu akik mulai mewabah itu? Mereka terkadang tidak hanya memakai satu buah batu akik di tangannya. Kadang bisa sampai dua atau empat. Penulis pernah bertanya kepada bapak yang memakai banyak akik di tangannya, jawabannya adalah karena dulu malu untuk memakainya. Dia malu kalau dulu memakai sendiri karena tidak banyak orang yang memakainya. Begitu banyak orang yang memakai, maka dirinya lebih percaya diri. Jadi bapak tersebut alasannya adalah karena faktor sosial yang saling menguatkan.

Demikian artikel singkat tentang fenomena batu akik yang mulai menjamur. Semoga bermanfaat.

Posted in artikel | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *