Evolusi dan Seni, hubungan evolusi dan seni

Evolusi dan Seni, hubungan evolusi dan seni

Evolusi dan Seni, hubungan evolusi dan seni

Ketika berjalan-jalan ke galeri Semarang, saya menonton berbagai lukisan potrait, mengingatkan jaman dahulu. Bahwa lukisan itu awalnya dibuat untuk mengenang para bangsawan, agar tetap terkenal dan mudah diingat. Sekarang, setelah diciptakannya teknologi foto, untuk menyimpan sebuah moment begitu praktisnya. Menjadikan lukisan kehilangan fungsi awalnya dan berubah menjadi barang seni.

seni lukis 300x260 Evolusi dan Seni, hubungan evolusi dan seni

evolusi dan seni

Seorang pria, bertubuh kekar, gagah adalah sebuah keharusan. Karena dahulu untuk menilai kehebatan seseorang cukup dengan melihat fisiknya saja. Kekuatan sangat dibutuhkan dalam pertarungan adu muka, misalnya di Crussader, atau gladiator. Yang kuat itulah yang akan menang. Seiring bergantinya waktu, ketika sebuah peperangan cukup dengan menekan tombol nuklir, pesawat rudal jarak jauh, kemudian jelas siapa pemenangnya. Maka menjadi kuat dan tangguhnya fisik itu beralih fungsi. Kini, menjadi sebuah lifestyle, seni raga, dan minat.

seni dan evolusi 300x220 Evolusi dan Seni, hubungan evolusi dan seni

evolusi dan seni lukis

Sebuah lilin, dahulu berfungsi sebagai penerangan di kegelapan, namun setelah listrik ditemukan. Ketika malam tidak lagi identik dengan kegelapan. Maka lilin beralih fungsi menjadi pengantar nuansa romantisme dalam makan malam, pengiring ritual dalam peribadatan, dan hiasan seni.

kendaraan mesin

Sebelum ditemukannya kendaraan mesin. Jaman dahulu orang mengendarai binatang. Untuk menunjukkan strata, orang kaya banyak yang memakai dokar. Dokar berfungsi sebagai alat transportasi penting kala itu. Namun sekarang menjadi seonggok barang yang terpatri di museum. Menjadi barang seni.

Evolusi telah merubah barang fungsi menjadi barang seni. Jaman telah merubah peran benda dan bagaimana kita memandangnya. Sebuah prinsip dasar bagaimana kita memandang jaman, karena terus terjadi pergeseran peran.

Dahulu, waktu saya masih muda (^_^). Butuh waktu lama, sampai berminggu-minggu, berbulan-bulan menunggu kabar dari kerabat di tempat jauh agar bisa menerima balasan surat darinya. Sekarang, cukup lewat short message (sms). Praktis. Demikian pula dengan sahabat pena cukup digantikan dengan teknologi jejaring sosial.

Evolusi merubah sikap, pemikiran, perilaku, dan motif kita: lifestyle. Sudah siapkan kita menerima setiap pergeseran keadaan? Sudah siapkan kita menyongsong gaya hidup baru untuk memperoleh ke-praktis-an, sehingga hidup lebih dinamis? Atau kita Cuma berpikir dan bersikap dengan cara kuno (klasik atau seni).

Sekedar pemikiran untuk sesama

Terinspirasi dari nasehat pak Tanadi

 

 

artikel terkait: evolusi, seni, karya seni, perubahan jaman, arti seni, tentang seni, tentang evolusi, hubungan evolusi dan seni, hubungan waktu dan seni,

 

Posted in artikel | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *