Daya juang Pisang

Daya juang Pisang

Daya juang Pisang.

Pohon pisang memiliki segala kesan kerapuhan di dalam dirinya. Coba saja tebaskan sebilah parang kepadanya, maka tubuhnya akan mudah terpotong. Ini lebih mudah daripada memotong pohon-pohon dari jenis berkambium. Daunnya, hanya karena terpaan angin pun dapat menjadi sobek. Buahnya, hanya satu tiap tubuh. Serta seberapa serius dia tumbuh, tingginya hanya berkisar beberapa meter saja. Singkatnya, dia ini lebih mirip seperti pohon yang nanggung untuk tumbuh.

pohon pisang 237x300 Daya juang Pisang

Tapi, jika anda benar-benar mau membunuhnya, maka bersiap-siaplah kecewa. Anda salah kalau hanya dengan menebas tubuhnya, kemudian berharap dia akan mati. Dia akan tumbuh tunas dari bekas pangkasan. Dan seberapa pun anda akan memotongnya setelah dia tumbuh tunas, selalu saja tumbuh tunas lagi di bekas pangkasan tadi. Terus, terus, dan terus. Dan sudahlah, itu hanya akan membuang-buang tenaga. Dia tidak akan mau mati sebelum dia berbuah. Ketika dia berbuah pun dia tidak mau benar-benar mati sebelum dia beranak.

Lalu buahnya yang hanya satu tangkai itu, sepertinya tidak imbang jika dibandingkan dengan seberapa lama kita merawatnya. Tapi justru dari satu tangkai itulah dia mengajarkan arti kebersahajaan. Sehingga yang Cuma satu tangkai itu, di dalamnya ada puluhan buah yang bersiap memberi manisnya. Tidak Cuma manisnya, tetapi sehatnya buah pisang.

Daun yang hanya karena terpaan angin pun dapat robek, memang menunjukkan dirinya itu rapuh. Tapi dari kerapuhan itulah nilai yang ingin diberikannya. Karena rapuh itu hanyalah soal yang bagi kita ini, manusia, sesuatu hal yang melekat dalam diri namun acap kita lupakan. Daun pisang mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang tidak melangit, cukup membumi saja. Karena sesehat apapun kita ini, hanya karena terpaan udara saja kita bisa masuk angin. Segagah apapun kita bisa mati hanya gara-gara gigitan nyamuk. Secantik dan tampan apapun kita ini, yang setiap hari melakukan perawatan tubuh, nanti ketika mati juga harus membusuk.

Soal tingginya yang hanya beberapa meter saja, itu hanyalah bonus saja. Hadiah bagi kita, penanamnya. Karena dia berharap, buahnya mudah untuk kita petik. Dia tidak ingin membuat kita terlalu susah, hanya karena ingin mengambil buahnya yang hanya satu itu. Itupun jika kita ambil maka resiko baginya adalah kematian. Bahkan diakhir hidupnya, dia tidak ingin membuat kita susah. Lebih-lebih, justru ingin membuat kita bergembira karena bisa menikmati enaknya buah pisang.

daya juang pisang 247x300 Daya juang Pisang

Ternyata, kita salah soal betapa lemahnya pohon pisang. Karena di dalam kesan ringkihnya itu, jauh tersimpan energi daya juang yang tinggi. Daya juang untuk bertahan hidup, kemudian di dalam hidupnya walaupun sekali, dia ingin memberi manfaat. Dan sebelum dia mati, dia ingin memberikan kita bibit-bibit yang sebermanfaat dirinya. Itulah pohon pisang. Mengajarkan kita arti dari sebuah kebersahajaan.

sebuah refleksi oleh firdaus

 

artikel terkait: pisang, rahasia pisang, manfaat pisang, manfaat pohon pisang, fungsi pisang, dibalik pisang, cerita pisang, pohon pisang

 

Posted in artikel | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *